Sistem Pencernaan Pada Manusia Dan Gangguannya

Diposting pada

Sistem Pencernaan Pada Manusia – Salam ! Kali ini bersama Kumpulan Contoh Teks  kita akan belajar materi yang ada di rumpun MIPA khususnya mata pelajaran Biologi, yaitu bab Sistem Pencernaan Pada Manusia. Materi ini dipelajari oleh teman teman yang duduk di bangku kelas dua Sekolah Menengah Atas pada Semester Dua. Langsung saja kita simak.

Sistem Pencernaan Pada Manusia

Sistem Pencernaan Pada Manusia berfungsi untuk memecah bahan bahan makanan menjadi sari sari makanan yang siap diserap oleh tubuh. Sistem Pencernaan Pada Manusia terdiri atas saluran pencernaan dan kalenjar pencernaan.

Dalam saluran pencernaan, terdapat banyak organ organ tubuh yang bekerja bersama sama dalam satu sistem. Mari kita berkenalan dengan organ organ tersebut.

 

Sistem Pencernaan Pada Manusia 1 (Rongga Mulut)

Mulut mengambil peran pertama kali dalam Sistem Pencernaan Pada Manusia, Rongga mulut menjadi tempat pencernaan yang dilakukan secara mekanik dan kimia. Bagian penyusun rongga mulut yaitu bibir dan gigi.

Terdapat tiga jenis gigi pada manusia yang memiliki tugas masing masing dalam Sistem Pencernaan Pada Manusia di rongga mulut ini. Ketiga jenis gigi ini adalah :

  • Gigi Seri = Berfungsi memotong makanan
  • Gigi Taring = Berfungsi untuk mengoyak makanan dan merobek makanan
  • Gigi Geraham = Berfungsi untuk menguyah makanan

Anatomi gigi terdiri atas empat lapisan yaitu :

  • Email : lapisan keras berwarna putih yang menutupi permukaan gigi
  • Dentin : Tulang gigi atau lapisan sebelah dalam dari email yang berwarna kekuningan
  • Sementum : Lapisan luar akar gigi yang berbatasan dengan tulang rahang. Berfungsi untuk menahan gigi agar tetap melekat pada gusi.
  • Pulpa : Rongga gigi yang di dalamnya terdapat pembuluh darah dan serabut saraf yang menjulur hingga akar gigi.

 

Sistem Pencernaan Pada Manusia 2 (Kerongkongan)

Kerongkongan yang memiliki nama lain Esofagus berfungsi menggerakkan makanan dari faring ke lambung dengan gerakan yag dinamai gerakan peristaltik. Gerakan ini terjadi karena otot tubuler dan sirkuler pada dinding kerongkongan melakukan kontraksi dan relaksasi secara bergantian sehingga menimbulkan suatu gerakan yang diberi istilah gerakan peristaltik.

 

Sistem Pencernaan Pada Manusia 3 (Lambung)

Lambung terbagi menjadi tiga bagian yaitu kardiak, fundus, dan pilorus. Dalam lambung terjadi pencernaan secara mekanik dan kimiawi. Pencernaan mekanik dilakukan dengan gerakan meremas yang terjadi di dinding lambung. Sedangkan pencernaan kimiawi dilakukan oleh getah lambung.

Getah lambung ini dihaslukan oleh kalenjar pencernaan yang ada pada lambung. Getah lambung ini antara lain :

  • Asam Klorida : membunuh kuman yang masuk bersama makanan, mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsen atau merangsang hormon kolesistokinin
  • Pepsin : Merombak protein menjadi pepton
  • Renin : menggumpalkan kasein

 

Sistem Pencernaan Pada Manusia 4 (Usus Halus)

Usus halus berbentuk tabung yang terletak di antara lambung dan usus besar. di dalam usus halus terjadi pencernaan secara kimiawi. Usus halus terdiri atas tiga bagian yaitu :

  • Usus Dua Belas Jari (Duodenum)

Usus dua belas jari merupakan muara saluran pankreas dan saluran empedu. Oleh karena itu, makanan yang berada dalam usus dua belas jari akan mengalami pencernaan secara kimiawi dengan bantuan getah empedu dan getah pankreas.

  • Usus Kosong

Di dalam usus kosong terjadi pencernaan kimiawi oleh enzim enzim yang dihasilkan oleh dinding usus.

  • Usus Penyerapan

Dalam usus pencernaan terjadi penyerapan sari sari makanan oleh jonjot jonjot atau villi pada dinding usus. Jonjot jonjot usus yang mengandung pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Pembuluh darah berfungsi menyerap zat makanan berupa glukosa, asam amino, vitamin B dan C, mineral, serta air. Sementara itu, pembuluh getah bening berfungsi menyerap asam lemak, gliserol, dan vitamin A,D,E,K.

Dalam usus halus terdapat kalenjer pencernaan yang menghasilkan enzim, yaitu :

  • Disakaride : Berfungsi mengubah disakarida menjadi monosakarida
  • Enterokinase : Berfungsi mengaktifkan tripsinogen menjadi tripsin
  • Erepsin : Berfungi mengubah pepton menjadi asam amino
  • Laktase : Mengubah laktosa menjadi glukosa
  • Lipase : Mengubah trigleserida menjadi gliserol dan asam lemak
  • Maltase : Berfungsi mengubah maltosa menjadi glukosa
  • Peptidase : Mengubah polipeptida menjadi asam amino
  • Sukrase : Mengubah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa

 

Sistem Pencernaan Pada Manusia 5 (Usus Besar)

Usus besar terdiri atas tiga bagian yaitu ascenden, tranversum, dan descenden. Dalam usus besar terdapat bakteri Eschericia Coli yang berperan membusukkan sisa makanan sehingga terbentuk feses. Dalam usus besar juga terjadi pengaturan air. Usus besar berakhir pada rectum. Rectum tersusun atas otot lurik yang berfungsi mengatur pengeluaran feses melalui anus (defekasi).

 

Sistem Pencernaan Pada Manusia 6 (Pankreas)

Pankreas akan menghasilkan getah pankreas yang mengandung berupa enzim, meliputi tripsinogen, amylase, dan lipase. Tripsinogen akan diaktifkan oleh enterokinase menjadi tripsin. Tripsin berfungsi memecah protein menjadi peptida dan asam amino. Amilase berfungsi mengubah amilum menjadi glukosa. Lipase berfungsi memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

 

Sistem Pencernaan Pada Manusia 7 (Hati)

Hati merupakan tempat perombakan eritrosit. Beberapa zat hasil perombakan eritrosit yaitu birilubin dan biliverdin yang akan disimpan dalam kandung empedu. Kedua zat tersebut berfungsi memberi warna pada feses. Selain itu, hati juga berfungsi menyekresi getah empedu yang juga disimpan dalam kandungan empedu. Getah empedu ini berfungsi untuk mengelmusikan lemak.

 

Gangguan Sistem Pencernaan Pada Manusia

Beberapa gangguan yang dapat menyerang Sistem Pencernaan Pada Manusia adalah sebagai berikut.

  1. Gastritis

Peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih. Gastritris dapat disebabkan oleh asam lambung yang berlebihan, makan tidak teratur, mikroorganisme, alkohol, dan pola tidur yang tidak teratur.

  1. Diare

Gangguan berupa feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam sehari. Diare ini dapat disebabkan oleh mikroorganisme, alergi, kelebihan vitamin C atau konsumsi alkohol.

  1. Kolik abdomen

Gangguan aliran normal isi usus di sepanjang traktus intestinal yang ditandai dengan adanya kram dan nyeri hebat pada perut yang mungkin saja disertai dengan mual dan muntah. Kolik abdomen ini disebabkan oleh peradangan.

  1. Apendisitis

Merupakan peradangan pada apendiks atau umbai cacing akibat penyumbatan oleh bahan tinja yang mengeras dan tersangkut dalam apendiks sehingga berakibat pada pembengkakan dan terisi nanah atau bahkan kematian jaringan.

  1. Konstipasi

Yaitu pengeraan tinja yang berlebihan sehingga sulit buang air besar, bisa disebut juga sembelit. Hal tersebut dapat disebabkan oleh makanan yang kurang berserat atau defekasi yang ditunda terlalu lama.

 

Demikian artikel tentang Sistem Pencernaan Pada Manusia. Semoga bisa menambah wawasan teman teman sekalian. Kenalilah tubuh kita sendiri sebelum mengenali dan memahami apapun yang ada di sekitar kita.  Terimakasih!

Gambar Gravatar
Nama : Muhammad Hafidz Agraprana Tempat, Tanggal Lahir : Banjarnegara, 03 Desember 2000 Alamat : Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *