Sejarah Kekhalifahan Agama Islam

Diposting pada

Sejarah Kekhalifahan Agama Islam – Salam ! Kali ini kita kembali akan belajar tentang salah satu materi dalam Sejarah yaitu Sejarah Kekhalifahan Agama Islam. Selamat membaca!

Dalam belajar Sejarah Kekhalifahan Agama Islam agar lebih mudah, dibagi menjadi empat masa, yaitu masa kenabian, masa khulafaur rasyidin, bani umayah, dan yang terakhir adalah bani abasiyah. Mari kita sima satu persatu dari keempat masa Sejarah Kekhalifahan Agama Islam itu.

 

Sejarah Kekhalifahan Agama Islam : Masa Kenabian di Mekah

Masa ini dinamakan masa kenabian karena pada masa ini terlahir suri tauladan bagi manusia, nabi terakhir umat islam, yaitu Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW lahir pada tahun Gajah, atau tahun 571. Dalam kehidupannya, walau belum menjadi seorang Nabi, Nabi Muhammad SAW terkenal sebagai sosok yang cerdas, amanah, dapat dipercaya, jujur, dan hal hal baik lainnya senantiasa melekat pada diri beliau. Allah memberikan wahyu pertama pada Nabi Muhammad SAW pada tahun 610 lewat perantara malaikat Jibril. Wahyu pertama yang turun adalah QS Al-Alaq ayat 1-5.

Perlahan namun pasti, Nabi Muhammad mulai mendakwahkan agama Islam kepada penduduk Mekkah. Upaya dakwah dilakukan Nabi Muhammad SAW melalui cara yang bertahap, yaitu cara sembunyi sembunyi kemudian cara terang terangan. Walau sudah mendapat banyak pengikut, tak sedikit pula golongan yang menentang beliau dan pengikutnya. Tak jarang mereka melakukan kekesaran. Karena alasan itu, nabi Muhammad dan pengikutnya akhirnya melakukan hijrah. Hijrah ke Madinah di lakukan pada tahun 622.

 

Sejarah Kekhalifahan Agama Islam : Masa kenabian di Madinah

Sejarah Kekhalifahan Agama Islam pada masa