Peradaban Di Yunani Kuno

Diposting pada

Peradaban di Yunani Kuno – Salam ! Kali ini kita akan belajar Sejarah Dunia khususnya Sejarah Peradaban di Yunani Kuno . Materi ini merupakan rangkaian dari materi Sejarah yang keluar pada soal SBMPTN bidang SOSHUM. Selamat membaca!

Peradaban Di Yunani Kuno

 

Peradaban di Yunani Kuno Masa Minos

Masa Minos atau yang dikenal juga dengan Kreta Kuno merupakan peradaban yang tertua di Eropa. Bangsa ini disebut Minos karena diambil dari nama Raja Minos yang legendaris. Tata kota terdiri atas pusat kota dan juga istana yang berbentuk seperti rumah siput.

Berbagai kisah menceritakan bahwa Minos membangun sebuah labirin dimana tersimpan seseok Minotaurus, yaitu makhluk berkepala Banteng. Tak heran ada cerita seperti itu karena Sejarah Yunani banyak berasal dari dongeng mitologi.

Peradaban di Yunani Kono Masa Minos berakhir pada 1400 SM. Menurut rujukan sejarah yang ada, penyebab keruntuhannya adalah karena letusan gunung berapi di pulau Thera yang merupakan bencana besar yang merusak banyak wilayah di Kreta. Akan tetapi, setelah gunung berapi itu meletus Minos masih dapat dibangun kembali hingga diserang oleh Mycenae yang membawa pemikiran mereka ke daratan Eropa lainnya.

 

Peradaban di Yunani Kuno Masa Mycenae

Nama Mycenae diambil dari sebuah kota yang terletakk di selatan semenanjung Yunani. Kota ini adalah pusat peradaban Yunani yang pertama, berkembang setelah peradaban Minos di Pulau Kreta. Setelah menaklukan bangsa Minos itu, bangsa Mycenae mulai membangun koloni di sekitar Laut Aegean, Pulau Rhodes dan Cyprus. Mereka berdagang ke seluruh kawasan laut Mediterania.

Dalam perkembangannya, menurut Homerus dalam bukunya Illias, terjadi perang Troya pada masa Agamemnon. Dalam perang ini bangsa Yunani yang dipimpin oleh Achilles membunuh Hector, Panglima Troya,dan menghancurkan kota Troya. Dan Homerus mengisahkan tentang Oddyseus, seorang pemimpin pasukan Yunani pada perang Troya. Oddyseus menaklukan kota Troya melalui kuda raksasa yang berisi pasukan Yunani.

Akhir dari peradaban Mycenae adalah penyerangan yang dilakuka noleh bangsa pelaut. Karena penyerangan itu, banyak penduduk terpaksa melarikan diri ke wilayah lain dan peradaban Mycenae pun berakhir. Dengan berakhirnya Mycenae, Yunani kehilangan ilmu pengetahuan dan tulis menulis.

 

Peradaban di Yunani Kuno Zaman Kegelapan Yunani

Pada masa ini, sekitar tahun 1000-750 SM, Yunani mengalami zaman tidak mengetahui ilmu pengetahuan dan tulis menulis sehingga tidak ada penjelasan mengenai zaman ini.

 

Peradaban di Yunani Kuno pada Zaman Baru Yunani

Akhirnya pada sekitar tahun 750 SM, bangsa Yunani mulai mendirikan koloni koloni hingga pada akhrinya terbentuk polis polis. Polis yang terbentuk adalah Sparta dan Athena.

Athena merupakan polis yang menerapkan sistem Demokrasi. Sistem ini diperkenalkan oleh Solon (638 SM-559 SM). Polis ini memiliki ciri dimana kekuasaan berada di tangan dewan rakyat. Pelaksanaan pemerintahan dilakukan oleh 9 orang Archon yang setiap tahun diganti. Para Archon diawasi oleh Aeropagus (Mahkamah Agung) yang para anggotanya berasal dari mantan anggota Archon. Karena sangat kenal dengan sistem demokrasi dan kebebasan berfikirnya, Athena banyak menghasilkan para filosof yang pemikirannya sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Para Filosof itu, antara lain Socrates, Plato, dan Aristoteles.

Kemudian polis yang kedua adalah polis Sparta. Pemerintahan Spartha didasari oleh pemerintahan yang bergaya militer. Pola ini diperkenalkan oleh Lycurgus tahun 625 SM. Pemerintahan dipegang olehdua orang raja, sedangkan pelaksana tertinggi dipegang oleh suatu dewan yang dinamakan Ephor terdiri dari 5 orang.

 

Ilmuwan, Filsuf, dan Penulis dari Peradaban di Yunani Kuno

Peradaban di Yunani Kuno menghasilkan manusia manusia berkualitas yang menjadi Ilmuwan, Filsuf, dan juga penulis sejarah. Berikut ini adalah nama orang orang tersebut.

Penulis dari Yunani beberapa diantaranya adalah Homerus, mengisahkan Oddyseus dan Perang Troya yang dikisahkan dalam Oddysae. Kemudian Herodotus, mengisahkan Perang Yunani-Persia dalam karyanya Historia. Herodotus juga dikenal sebagai Bapak Sejarah. Polybius, terkenal akan bukunya yang berjudul The Histories. Ia juga dikenal akan gagasannya mengenai sistem pemerintahan yang digunakan dalam L’espirit des lois Montesquieu. Thucydides, mengisahkan Perang Peloponesia.

Ilmuwan dan Filsuf dari Yunani antara lain Hippocrates, dokter Yunani kuno dan dikenal sebagai bapak kedokteran barat. Thales, matematikawan dan ahli geometri. Phidias, pematung, pelukis, dan arsitek Yunani. Democritus, merumuskan sebuah teori atom dan bapak pengetahuan modern. Archimedes, matematikawan, fisikawan, insiyur sekaligus astronom. Phytagoras, penemu teorema yang dinamai sesuai namanya. Socrates, filsuf Athena Yunani Klasik. Plato, seorang murid Socrates yang juga seorang filsuf dan matematikawan. Aristoteles, filsuf Yunani, murid Plato dan guru dari Alexander Agung.

 

Dewa Dewi Bangsa Yunani

Peradaban di Yunani Kuno mengenal adanya kepercayaan terhadap para dewa dan dewi. Antara lain adalah Zeus, raja bagi segala dewa dewi di Olympus. Aphrodite, dewi cinta dan kecantikan. Eros, dewa asmara. Hermes, dewa keberuntungan. Hera, dewi pernakahan yang juga istri Zeus. Poseidon, dewa laut. Hades, dewa kematian. Apollo, dewa cahaya. Dan masih banyak lagi.

 

Demikian pembahasan menganai Peradaban di Yunani Kuno , letak atau lokasinya, kerajaan atau bangsa yang pernah menguasai Yunani Kuno itu sendiri, dan lain sebagainya. Semoga dengan membaca artikel di atas, pengetahuan teman teman bisa bertambah dan bisa membantu teman teman dalam belajar maupun dalam mengerjakan tugas. Jangan lupa tetap belajar khususnya sejarah karena ada salah kutipan yang menyatakan bahwa : Historia vitae magista, History make man wise!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *