Manfaat Peta Dalam Kehidupan

Diposting pada

Manfaat Peta dalam Kehidupan – Salam! Kali ini kita akan belajar menganai salah satu materi SBMPTN dalam rumpun SOSHUM yaitu dalam bidang Geografi khususnya mengenai Manfaat Peta dalam Kehidupan. Selamat belajar!

Manfaat Peta Dalam Kehidupan

Pengertian Peta

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Manfaat Peta dalam Kehidupan, sebaiknya kita mengingat kembali mengenai pengertian peta itu sendiri. Peta adalah gambaran atau penyajian data spasial dalam bentuk bidang datar yang memiliki skala. Peta yang disajikan dapat memberikan informasi kepada pembacanya.

 

Manfaat Peta dalam Kehidupan 1 : Bidang Pertanian

Dalam bidang pertanian, peta digunakan untuk menentukan lokasi pertanian yang sesuai dengan keadaan lingkungan di suatu wilayah. Faktor faktor yang menentukan lokasi pertenian yaitu penggunaan lahan, kemiringan lereng, kedalaman muka air tanah, tekstur tanah, kedalaman tanah, dan jaringan jalan.

Peta yang menunjang analisis penentuan lokasi pertenian berdasarkan faktor tersebut sebagai berikut.

  1. Peta Topografi/Rupa Bumi

Peta ini digunakan sebagai analisis faktor topografi yang berkaitan dengan kemiringan lereng, ketinggian suatu tempat, suhu udara, dan juga curah hujan.

  1. Peta Tanah

Digunakan untuk mengetahui jenis tanah yang sesuai untuk bidang tumbuh tanaman. Contohnya, daerah yang memiliki tanah regosol sangat cocok untuk ditanami padi, tebu, palawija dan juga tembakau.

  1. Peta Geologi

Peta geologi digunakan untuk mengetahui karakterisitik batuan seperti nilai permeabilitas batuan.

 

Manfaat Peta dalam Kehidupan 2 : Bidang Industri

Peta dapat digunakan dalam penentuan lokasi industri. Hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan lokasi industri antara lain :

  1. Karakteristik wilayah
  2. Ketersediaan bahan baku
  3. Ketersediaan tenaga kerja
  4. Ketersediaan konsumen
  5. Aksesitibilitas

Jenis peta yang digunakan dalam analisis penentuan lokasi industri adalah sebagai berikut.

  1. Peta Geologi

Peta ini digunakan untuk mengetahui lapisan batuan, jenis tanah, ketersediaan air, dan kemiringan lereng.

  1. Peta Persebaran SDA (Sumber daya alam)

Peta perseberan sumber daya alam digunakan untuk mengetahui sumber bahan baku dan energi di suatu wilayah yang akan dijadikan lokasi industri.

  1. Peta Kepadatan Penduduk

Manfaat peta kepadatan penduduk adalah untuk menngetahui ketersediaan tenaga kerja dan juga ketersediaan konsumen berkaitan dengan kegiatan industri nantinya.

  1. Peta Jaringan Jalan

Peta jaringan jalan dalam kepentingan lokasi industri yaitu dapat digunakan untuk mengetahui dan menentukan jalan strategis dalam distribusi bahan baku ke lokasi industri serta barang hasil industri ke pasar.

 

Manfaat Peta dalam Kehidupan 3 : Bidang Perencanaan Pembangunan

Manfaat peta yang ketiga adalah dalam bidang perencanaan pembangunan. Contoh pemanfaatan peta dalam bidang ini adalah pembangunan infrastruktur wilayah seperti pembuatan jalan raya, sistem drainase, dan tempat pembuangan akhir atau TPA.

Peta yang dapat digunakan dalam bidang perencanaan pembangunan adalah peta jenis berikut ini.

  1. Peta Geologi

Peta geologi dapat digunakan dalam bidang perencenaan pembangunan untuk mengetahui lapisan batu dan jenis tanah.

  1. Peta Hidrogeologi

Dalam perencanaan pembangunan dibutuhkan peta hidrogeologi untuk memberikan informasi berkaitan dengan kondisi aliran tanah.

  1. Peta Topografi

Peta topografi digunakan untuk mengetahui ketinggian tempat dan kemiringan lereng. Misalnya, tingkat kemiringan lereng menentukan bentuk jalan, apakah harus dibuat berkelok kelok atau dibuat lurus.

  1. Peta Kepadatan Penduduk

Dalam perencanaan pembangunan dibutuhkan peta kepadatan penduduk untuk memberi informasi tingkat kepadatan penduduk dan perseberan penduduk guna menentukan jenis dan jumlah fasilitas umum yang akan dibangun nantinya.

 

Manfaat Peta dalam Kehidupan 4 : Bidang Informasi Kebencanaan

Manfaat Peta dalam Kehidupan yang terakhir atau yang keempat ini adalah manfaat peta dalam bidang informasi kebencanaan. Seperti yang kita tahu, bencana adalah fenomena yang terjadi di wilayah tertentu dan kurun waktu tertentu. Terjadinya bencana tentu akan menyebabkan berbagai kerugian. Kerugian tersebut dapat berupa timbulnya korban yang terluka, korban yang meninggal dunia, dan juga kerugian harta benda.

Untuk meminimalisir dampat negatif dari terjadinya bencana itu maka sangat perlu adanya pemetaan daerah rawan bencana khusunya bencana jenis bencana alam. Peta yang diperlukan dalam pemetaan daerah rawan bencana alam sebagai berikut.

  1. Pemetaan daerah banjir dapat diprediksi menggunakan jenis peta sebagai berikut : Peta curah hujan, Peta jenis tanah, Peta topografi, Peta geologi, Peta penggunaan lahan
  2. Pemetaan daerah rawan longsor dapat diperoleh dari analisis dari peta : Peta topografi, Peta curah hujan, Peta penggunaan lahan, Peta geologi
  3. Pemetaan daerah rawan gempa dapat diprediksi dengan meggunakan : Peta geologi, Peta pergerakan lempeng tektonik, Peta persebaran gempa
  4. Pemetaan daerah rawan bahaya tsunami diperoleh dari peta : Peta arus laut, Peta bentuk pantai, Peta tinggi gelombang, Peta pergerakan lempeng tektonik, Peta topografi

 

Demikian pembahasaan materi Geografi khususnya berkaitan dengan Manfaat Peta dalam Kehidupan. Dari artikel tersebut sudah dijelaskan mengenai manfaat peta dalam berbagai kehidupan khususnya di empat bidang yaitu dalam bidang industri, pertanian, perencaan pembangunan, dan juga informasi kebencanaan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan pembaca sekalian dan memudahkan dalam proses belajar. Terimakasih dan tetap semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *