Jenis Bioma Di Muka Bumi Dan Persebarannya

Diposting pada

Salam! Kali ini Kumpulan Contoh Teks  akan membahas materi geografi mengenai jenis bioma di muka bumi dan persebarannya.  Sebelum mengetahui tentang jenis bioma di muka bumi, alangkah baiknya apabila kita memahami definisi dari bioma itu sendiri. Berikut adalah uraian mengenai pengertian dan jenis bioma di muka bumi

Jenis Bioma Di Muka Bumi

Pengertian Bioma

Bioma adalah suatu kumpulan ekosistem yang terdiri dari berbagai ekosistem yang terdapat dalam satu wilayah atau kawasan geografis dimana wilayah tersebut memiliki kondisi iklim yang relatif sama. Hewan dan tumbuhan yang hidup di suatu bioma sering disebut dengan istilah biota. Secara umum, jenis bioma di muka bumi dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu bioma hutan, padang rumput, dan gurun. Tiap-tiap bioma memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan bioma lain.

Jenis Bioma di Muka Bumi 1 (Hutan Hujan Tropis)

Hutan hujan tropis merupakan salah satu jenis bioma di muka bumi yang selalu hijau sepanjang tahun. Hal ini dikarenakan curah hujan dan sinar matahari yang diterima oleh tumbuhan cukup, bahkan melimpah sehingga mampu membuat tumbuhan terus-menerus hijau sepanjang tahun. Vegetasi alami yang tumbuh di bioma hutan hujan tropis ini bervariasi, pada umumnya dicirikan dengan pohon berketinggian 30 m yang memiliki kanopi.

Karakteristik bioma hutan hujan tropis diantaranya sebagai berikut :

  1. Fluktuasi suhu tahunan relatif kecil, yaitu sekitar 25-30°C
  2. Sinar matahari tidak mencapai lapisan hutan paling dasar karena tertutup oleh kanopi. Hal tersebut menyebabkan bagian bawah hutan selalu gelap dan lembab
  3. Matahari menyinari hutan hujan tropis sepanjang tahun
  4. Curah hujan tinggi dan merata sepanjang tahun, dimana setiap tahun hutan hujan tropis dapat menerima curah hujan sekitar 200-250 cm/tahun.
  5. Terdiri atas lima lapisan, yaitu lantai hutan, lapisan semak (shrub layer), lapisan tingkat (under-storey layer), lapisan kanopi, dan lapisan timbul (emergent layer).

Hutan hujan tropis adalah jenis bioma di muka bumi yang persebarannya di sekitar garis khatulistiwa atau di daerah lintang tropis. Hutan hujan tropis tersebar di wilayah Afrika bagian tengah, sebagian besar Asia Tenggara (termasuk Indonesia), Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Hutan hujan tropis terbesar di muka bumi terdapat di Cekungan Kongo di Afrika dan Cekungan Amazon di Amerika.

Jenis Bioma di Muka Bumi 2 (Hutan Musim Tropis)

Bioma hutan tidak hanya hutan hujan tropis, jenis bioma di muka bumi yang berupa hutan lainnya yaitu hutan musim tropis. Hutan musim tropis adalah hutan dimana pohon-pohon yang tumbuh didalamnya menggugurkan daun di saat musim kemarau.

Karakteristik bioma hutan musim tropis diantaranya :

  1. Menggugurkan daun pada musim kemarau, tetapi pada musim penghujan daun tumbuh dengan lebat,
  2. Tumbuhan yang tumbuh di hutan musim tropis dapat bertahan di kondisi kekeringan maupun kondisi yang basah dan banyak air,
  3. Pada umumnya hutan musim tropis dinamai sesuai dengan tumbuhan yang mendominasi hutan. Misal : di Jawa Timur terdapat hutan musim tropis yang didominasi oleh pohon jati sehingga hutan tersebut diberinama hutan jati.

Hutan musim tropis banyak dijumpai di Indonesia, diantranya di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Tenggara. Selain itu, hutan musim tropis juga dapat dijumpai di wilayah Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand, Kamboja, Laos, dan Vietnam. Hutan musim tropis juga tersebar di India, Australia bagian utara, dan Afrika Tengah.

Jenis Bioma di Muka Bumi 3 (Hutan Musim atau Hutan Gugur)

Berbeda dengan hutan musim tropis, hutan musim terdapat di wilayah yang memiliki empat musim. Pada musim panas, hutan ini menerima energi radiasi matahari dan presipitasi yang cukup sehingga pohon-pohon dapat bertumbuh tinggi dengan baik. Dedaunan pada hutan musim cenderung tidak begitu lebat dibandingkan dengan dedaunan di hutan hujan tropis. Hal itu mengakibatkan cahaya matahari dapat menembus hingga lantai dasar hutan atau permukaan tanah. Ketika musim akan berganti menjadi musim dingin, intensitas penyinaran matahari, curah hujan, dan temperatur di hutan musim berkurang sehingga tumbuhan akan kekurangan air. Dengan demikian, daun akan berubah warna menjadi merah, cokelat, hingga akhirnya mulai berguguran. Saat musim dingin, tumbuhan tidak memiliki daun hingga musim semi dimulai.

Vegetasi alami yang tumbuh di hutan ini diantaranya oak, maple, castanea, elm, beech, birch, dan cedar. Hutan musim ini merupakan salah satu jenis bioma di muka bumi yang dapat dijumpai di Eropa Barat, Eropa Tengah, Asia Timur (Korea dan Jepang), timur laut Amerika, dan Chile.

Jenis Bioma di Muka Bumi 4 (Padang Rumput)

Padang rumput adalah salah satu jenis bioma di muka bumi berupa hamparan lahan yang didominasi oleh rerumputan, semak belukar, dan terkadang juga terdapat pohon-pohon berukuran kecil. Padang rumput terdapat di wilayah tropis hingga subtropics. Bioma ini mempunyai curah hujan relatif rendah yaitu sekitar 25-50 cm/tahun. Selain itu, curah hujan yang turun cenderung tidak teratur. Padang rumput dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut :

  1. Stepa (padang rumput temperate), merupakan padang rumput yang banyak dijumpai di wilayah lintang tengah dengan curah hujan rendah. Pada padang rumput jenis ini, pepohonan kecil jarang dijumpai atau bahkan tidak ada sama sekali.
  2. Sabana (padang rumput tropis), merupakan padang rumput yang letaknya diantara 5°-15° LU dan LS. Pada bioma ini, sering dijumpai rumput-rumput tinggi dengan sejumlah pepohonan kecil. Di Indonesia, sabana/savanna dapat dijumpai di Nusa Tenggara.

Jenis Bioma di Muka Bumi 5 (Taiga)

Jenis bioma di muka bumi selanjutnya yaitu taiga. Taiga merupakan suatu bioma berupa hutan dengan jenis pohon yang memiliki daun seperti jarum. Bentuk daun tersebut dipengaruhi oleh kondisi musim yang cenderung dingin. Taiga hanya memiliki satu jenis pohon. Jenis pohon di bioma taiga antara lain : cemara, spruce, alder, birch, juniper, dan conifer. Persebaran bioma ini yaitu di BBU, misalnya Kanada, Rusia bagian utara, Siberia, Skandinavia, dan Alaska.

Jenis Bioma di Muka Bumi 6 (Tundra)

Bioma tundra adalah salah satu jenis bioma di muka bumi yang banyak dijumpai di daerah kutub terutama di sekitar lingkar Arktik dan Antartika. Vegetasi di wilayah ini bukan berupa pohon, melainkan berupa lumut, semak kerdil, dan rumput-rumput pendek. Bioma tundra ini biasanya dapat dijumpai di Amerika bagian utara dan Eropa bagian utara.

Jenis Bioma di Muka Bumi 7 (Gurun)

Bioma gurun yaitu bioma berupa hamparan padang pasir yang luas dengan curah hujan yang sangat rendah dan kondisi yang gersang. Secara umum, gurun hanya memiliki curah hujan skeitar 25 cm/tahun. Fluktuasi suhu harian di bioma ini sangat ekstrem. Ketika siang hari, padang pasir dapat terassa sangat panas, sedangkan pada malam hari suhu dangat dingin. Hal tersebut menyebabkan pelapukan fisika terjadi sangat intensif di bioma ini sehingga batuan dan tanah dapat melapuk dengan mudah menjadi pasir. Vegetasi yang tumbuh di bioma ini pada umumnya tidak memiliki daun atau memiliki daun berukuran kecil sebagai  bentuk adaptasi terhadap kelembaban yang rendah dan air yang sulit didapatkan. Bioma gurun dapat ditemukan di Asia Barat, Afrika Utara, Afrika Selatan, Australia Barat, dan Amerika Utara.

 

Cukup sekian artikel mengenai Pengertian dan Jenis Bioma di Muka Bumia. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda. Selamat belajar dan sukses selalu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *