Kumpulan Contoh Teks Resensi Buku

Diposting pada

Contoh Teks Resensi Buku – Salam ! Kali ini  Kumpulan Contoh Teks akan berbagi mengenai Contoh Teks Resensi Buku. Karya yang diresensi dapat berupa buku, film, musik, maupun drama. Menulis resensi terdiri dari kelebihan, kekurangan, dan informasi yang diperoleh dari buku yang disampaikan kepada masyarakat.

Contoh Teks Resensi Buku

Pengertian Resensi Buku

Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya, baik itu buku, novel, majalah, komik, film, kaset, CD, VCD, maupun DVD. Tujuan resensi adalah menyampaikan kepada para pembaca apakah sebuah buku atau hasil karya itu patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak. Sehingga masyarakat bisa mempertimbangkan lebih lanjut.

Menulis resensi buku dapat memudahkan masyarakat untuk menilai isi buku dan mempertimbangkan buku tersebut sebelum membaca ataupun membelinya. Berikut ini adalah kumpulan contoh teks resensi buku yang bisa dijadikan referensi oleh pembaca sekalian dalam membuat resensi buku.

 

Contoh Teks Resensi Buku Religi : “Aku Jauh Engkau Jauh Aku Dekat Engkau Dekat Buatlah Allah Begitu Spesial di Hatimu”

Resensi Buku

Aku Jauh Engkau Jauh Aku Dekat Engkau Dekat Buatlah Allah Begitu Spesial di Hatimu

 

Penulis                         : Yadi Saeful Hidayat

Cetakan                       : Pertama

Tahun Terbit                : 2012

Penerbit                       : Penerbit Mizania

Jumlah Halaman          : 185

 

Manusia selalu butuh orang lain, ia tidak bisa hidup sendiri. Yang pasti, ia perlu keberadaan Allah Yang Maha Kasih untuk menguatkan langkah hidupnya melalui doa doa yang ia panjatkan. Ketika kita ada masalah, padahal kita sudah berdoa yang perlu kita lakukan adalah bersabar dan berikthiar. Lalu kita harus meninjau kembali hubungan kita dengan orangtua, pasangan, teman dan tetangga, serta terutama adalah hubungan kita dengean Allah SWT.

Sudah sejauh mana keimanan kita kepada Allah dan RasulNya?  Jangan jangan ketika kita sudah merasa yakin dengan keimanan kita sebenarnya massih bercampur dengan kemusyrikan. Ketika Allah menjanjikan ketenangan dan keamanan bagi hamba hamba Nya tapi tidak terwujudu juga, kita harus bertanya apakah yang menyebabkan janji Allah seakan tidak terwujud.

Dalam surah An Nur ayat 56 Allah menyatakan akan menurunkan rahmatnya bila kita mau menyempurnakan shalat, membayar zakat, dan mengikuti sunnah Rasul. Jadi bila kita mau mendapat rahmmat Allah, kita juga harus membuat Allah spesial di hati kita dengan mengerjakan perintah perintahNya.

Begitulah kira kira sekilas isi tentang buku tersebut. Buku itu sangat layak dibaca oleh semua umat muslim. Dalam setiap akhir sub babnya disisipi doa doa yang sangat menyentuh. Buku tersebut juga mudah dipahami, tersaji dalam warna warna menarik, dan ukuran bukunya tidak terlalu besar sehingga mudah dibaca.

 

 

Contoh Teks Resensi Buku Pengetahuan : “Siapakah Bangsa Viking ?”

Resensi Buku

Siapakah Bangsa Viking ?

 

Judul              : Titik Awal Sejarah SIAPAKAH BANGSA VIKING?

Pengarang      : Jane Chisholm & Struan Reid

Penerbit         : Usborne Publishing Ltd.

ISBN               : 979 – 534 – 652 – 4

Dicetak oleh  : PT Intan Sejati

Tahun terbit  : 2009

 

Buku ini merupakan buku titik awal sejarah yang menjelaskan mengenai bangsa Viking. Buku ini berisi berbagai pertanyaan dan jawaban agar pembacanya mengenal lebih dalam mengenai bangsa Viking.

Bangsa Viking adalah bangsa yang hidup di Skandinavia (Swedia, Norwegia, dan Denmark) lebih dari seribu tahun yang lalu. Mereka adalah pejuang dan perompak yang gemar menyerang kota-kota dan desa-desa di seluruh Eropa. Bangsa Viking kebanyakan tinggal di tanah pertanian kecil. Rumah rumah bangsa Viking biasanya panjang yang berupa satu ruangan besar tempat mereka makan,tidur,bekerja, dan bersantai bersama.

Bangsa Viking percaya bebragai dewa dan dewi yang tinggal di tempat bernama Asgard. Orang Viking percaya bahwa dunia mereka yang disebut Midgard berada di tengah samudra dalam yang penuh monster. Makanan orang Viking adalah berbagai makanan yang dapat mereka tanam dan buru. Para arkeologiwan telah menemukan biji-bijian dan tulang-tulang hewan dan ikan di makam makam Viking.

Orang Viking melakukan beragam kegiatan untuk hiburan. Saat sedang tidak berperang, berladang, berburu, atau mengurus rumah, mereka gemar bersenang-senang. Haanya beberapa orang Viking yang dapat menulis dan membaca, tetapi banyak cerita seperti tentang Thor, disampaikan secara lisan dari generasi ke generasi. Orangtua menceritakan kepada anak anaknya dan mereka melanjutkannya ke anak anaknya juga. Kisah kisah Saga masih belum ditulis setelah akhir zaman Viking.

Tulisan bangsa Biking terdidi atas 16 huruf, atau tanda yang disebut rune. Cara orang Viking berperjalanan kebanyakan naik kapal dan perahu. Negeri Viking penuh pegunungan, fyord, sungai, danau dan pulau pulau. Bangsa Viking adalah pelaut dan pembuat kapal yang terampil. Hutan hutan yang lebat menyediakan banyak kayu untuk membuat perahu. Beberapa kapal Viking yang dikubur masih utuh, bahkan meskipun sudah lebih dari seribu tahun karena tanah justru menghambat pembusukan. Kebanyakan orang Viking tinggal di pedesaan dan menanam dan membuat barang keperluan mereka sndiri. Suasana kota Viking penuh sesak dan banyak asap dari perapian rumah penduduk. Bangsa Viking mempunyai banyak raja sekaligus. Seiring berjalannya waktu, jumlah raja semakin berkurang tetapi yang masih ada memiliki banyak tanah dan kekuasaan. Pada akhirnya, hanya tersisa tiga raja, masing masing untuk Denmark, Swedia, dan Norwegia.

Tidak semua orang Viking merupakan perompak bengis, tetapi para perompak memberikan citra buuruk bagi mereka. Pada pedagang Viking pergi ke negara lain untuk bedagang bukan merompak. Orang orang lainnya pergi untuk mencari tempat tinggal. Para pedagang Viking pergi ke selluruh Eropa, ke utara dan ke barat menuju Islandia dan Greenland, ke selatan menyusuri sungai sungai Rusia hingga ke kota kota kaya seperti Konstatinopel dan menyebrangi gurun pasir ke kota Arab Baghdad. Perjalanan bangsa Viking begitu jauh. Ada desa desa permukiman Viking di Rusia, Prancis, Inggris, Irlandia, Islandia, Greenland, dan bahkan Amerika Utara.

Buku ini sangat menarik dibaca dan tidak membosankan karena dilengkapi dengan berbagai gambar maupun ilustrasi. Buku ini juga dilengkapi saran tentang situs situs web yang dapat digunakan untuk mencari tahu lebih banyak tentang bangsa Viking. Bahasa yang digunakan pun mudah dipahami. Sayangnya, informasi yang diberikan untuk menjawab pertanyaan yang ada terlalu singkat sehingga masih perlu dikaji lebih dalam.

 

 

Contoh Teks Resensi Buku Pengetahuan : “Berapakah Berat Bumi ?”

Resensi Buku

Berapakah Berat Bumi ?

Buku “Berapakah Berat Bumi?” adalah buku yang ditulis oleh seseorang bernama Marshall Plan. Buku ini merupakan buku terjemahan yang diterbitkan oleh Penerbit John Miley & Sons, Inc lalu dicetak oleh PT Intan Sejati.

Buku ini berisi tentang jawaban atas berbagai pertanyaan pertanyaan yang jarang dipikirkan manusia seperti mengapa stasiun radio FM berakhir dengan angka ganjil, berapa banyak kalori yang diperlukan manusia dalam satu hari, jenis lilin apakah yang menyala kembali setelah ditiup, dan berbagai pertanyaan lain.

 

Tentu dengan membaca buku ini akan meningkatkan pengetahuan pembaca dan memberikan pembaca berbagai informasi baru yang jarang dipikirkan sebelumnya. Akan tetapi, terjemahan di buku ini terkadang masih membingungkan dan juga tidak disertai banyak gambar sehingga kurang menarik. Namun secara keseluruhan buku ini adalah buku yang layak untuk dibaca terutama bagi pelajar.

 

Contoh Teks Resensi Buku Motivasi : “Andy’s Corner”

Resensi Buku

Andy’s Corner

Judul : Andy’s Corner Buku Kedua

Pengarang : Andy F. Noya

Penerbit : PT Bentang Pustaka

Tahun Terbit : 2009

Cetakan : Pertama

Jumlah halaman : 208 hlm

 

Merupakan buku yang berisi kumpulan pikiran Andy F. Noya dari pengalaman hidupnya dan pengaruh tayangan Kick Andy bagi masyarakat. Terdapat 23 bab dengan ceritanya masing masing.

Tayangan Kick Andy sedikit banyak telah mengubah hidup seseorang. Seperti Harry yang harus mengayuh sepeda sejauh 40 km untuk menonton Kick Andy,Murid yang menjadi semangat belajar setelah menonton Kick Andy,dan seseorang yang da akhirnya mereka harus berpisah. Pengalaman masa lalunya bersama Yanti membuat Andy terenyuh setiap kali melihat anak penderita tunagrahita.

Buku ini sangat memotivasi karena menceritakan banyak pengalaman Andy F Noya yang penuh hikmah dan pelajaran yang bisa diambil. Sulit mencari kekurangan dari buku ini karena buku ini ditata dengan begitu apik, tulisannya mudah dibaca dengan ukuran yang standar dan isi buku yang tidak monoton karena dibubuhi beberapa ilustrasi.

 

Contoh Teks Resensi Buku Fiksi : “Bumi”

Resensi Buku

Bumi

Judul: Bumi
Penulis: Tere Liye
Tebal: 440
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Pada novel ini bercerita tentang seorang anak perempuan, Raib yang memiliki kekuatan menghilang. Bahkan teman dekatnya juga memiliki kekuatan jenis lain. Mereka hidup didunia seperti dunia yang kita tinggali saat ini.

Kehidupannya berubah seketika, ternyata dia memiliki kekuatan petarung terbaik Klan Bulan bahkan sebenarnya dia tak berasal dari bumi, melainkan Klan Bulan. Begitulah kata Tamus, laki-laki yang muncul saat dia menggunakan kekuatan menghilangnya. Namun, Tamus justru ingin memanfaatkan kekuatan Raib untuk membuka sebuah sekat antar dunia untuk ambisi kuatnya. Dengan dibantu 2 teman Raib dan beberapa penduduk klan Bulan mereka melawan Tamus.

Saat saya membaca saya membayangkan seperti di dunia X-Men dan Aeon Flux. Penuh dengan kekuatan yang sangat sulit diterima oleh akal biasa. Baju-baju ketat super canggih, kekuatan-kekuatan yang lazim nya dalam dunia fiksi fantasi dimiliki oleh mutan.

Well, novel ini sangat dianjurkan untuk dibaca apabila anda seorang pecinta karya Tere Liye yang ternyata juga anda pecinta fiksi. Gaya kepenulisan Tere Liye masih seperti biasa, penuh hikmah dan tak terduga.

 

Sekian artikel tentang Contoh Teks Resensi Buku kali ini. Semoga artikel tentang Contoh Teks Resensi Buku bisa membantu pembaca baik untuk mengerjakan tugas, maupun mencari informasi dan referensi mengenai Contoh Teks Resensi Buku. Catatan saya, yang paling penting dari sebuah ilmu adalah mempraktekannya. Salam !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *