Contoh Naskah Drama Lengkap Berbagai Genre

Diposting pada

Drama merupakan salah satu hiburan yang ditampilkan berdasarkan naskah oleh tokoh pemerannya. Dalam setiap pementasan, drama mempunyai alur cerita masing-masing seperti percintaan, persahabatan, sampai komedi yang sukses mengocok perut penonton. Cerita-cerita drama sering kali diambil dari kisah dongeng rakyat setempat yang dikemas lebih menarik. Sebelum membuat contoh naskah drama, Anda disarankan untuk menentukan terlebih dahulu pertunjukan seperti apa yang ingin ditampilkan. Perkembangan teknologi memudahkan penggemar drama menonton dari mana saja tidak harus mengunjungi gedung teater. Sudah banyak drama yang tampil melalui video yang aksesnya dari internet.

 

Unsur & Contoh Naskah Drama Terbaru

Drama mempunyai beberapa unsur seperti halnya karya sastra lainnya. Unsur intrinsiknya hampir menyerupai novel. Unsur tema pertunjukan merupakan ide utama untuk cerita dan lakon drama. Lalu, penulis naskah drama akan menggali hal-hal menarik dari tema yang sudah ditentukan agar tercipta rangkaian cerita spektakuler dan layak dipentaskan. Konflik akan menjadi bumbu pemanis dalam cerita yang kemudian akan memunculkan pesan yang ingin disampaikan. Seperti apa contoh naskah drama yang baik? Simak poin-poin penjelasan berikut.

 

  1. Cerita drama komedi

Cerita lucu dalam drama memang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, kelucuan cerita dan tingkah laku tokoh diharapkan sukses membuat tawa para penonton. Hal tersebut secara tidak langsung memunculkan tantangan tersendiri dalam pembuatan naskah, karena tidak semua orang punya ketrampilan membuat lelucon. Apabila drama tidak lucu maka bisa menjadi bumerang untuk tim pertunjukan. Contoh naskah drama lucu biasanya menampilkan situasi yang umum tapi menyisipkan hal yang kocak. Contohnya seperti cerita seorang saudagar kaya yang duduk di kursi depan padahal harusnya tempat duduknya ada di kelas ekonomi pesawat. Penyelesaian konfliknya berupa tipuan kecil pilot pesawat yang mengatakan jika kursi belakang adalah tujuan Jakarta tentu tidak terbayangkan oleh penonton.

 

  1. Drama bertema persahabatan

Naskah drama yang ingin memberikan pesan akhir tentang persahabatan lebih banyak menyasar penonton remaja yang masih mengenyam pendidikan. Biasanya diawali dengan deskripsi situasi sebelum adanya dialog antar tokoh seperti genre drama lainnya. Kejadian yang sering ditampilkan bersumber dari konflik salah satu sahabat yang membutuhkan bantuan. Sementara pada saat yang sama tokoh lain punya kesibukan masing-masing. Sehingga perlu memilih membantu temannya atau menyelesaikan pekerjaan pribadi.

 

  1. Drama bercerita tentang pendidikan

Tema lainnya dalam drama yaitu berkaitan dengan pendidikan. Biasanya akan dipentaskan di lingkungan sekolah tapi tidak menutup kemungkinan digelar untuk umum. Jalan cerita untuk contoh naskah drama yang bertema pendidikan umumnya mengangkat perbedaan pandangan antara murid dengan guru atau orang tua dan anak menyangkut masa depan. Pesan yang ingin disampaikan oleh penulis naskah pertunjukan drama yang mengangkat ide pendidikan tentu berbeda. Salah satunya adalah mengenai pentungnya restu orang tua dalam kehidupan termasuk pendidikan seorang anak.

 

Unsur drama lainnya setelah tema adalah pemilihan tokoh yang harus beragam sifatnya meliputi tokoh yang berkarakter baik, protagonis, maupun hanya pendukung. Unsur drama selanjutnya adalah dialog yang wajib ada dalam pementasan. Jika hanya ada narasi dalam contoh naskah drama, maka belum bisa dikategorikan sebagai drama. Penyusun teks drama juga harus menampilkan latar yang sesuai dengan adegan untuk menguatkan alur dan penokohan. Unsur terakhir yaitu tata bahasa yang dipilih sebaiknya mudah dipahami. Semua hal terkait unsur-unsur mempengaruhi kesuksesan drama tersebut harus benar-benar berkaitan karena sifatnya saling mendukung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *