Cara Menyusun Teks Pembawa Acara Perpisahan Sekolah

Diposting pada

Dalam rangka memaknai akhir perjuangan bersama teman-teman sekolah dan para guru, sekolah umumnya akan mengadakan sebuah acara yang cukup meriah dengan mengundang semua anak-anak didik terutama yang duduk di kelas enam untuk tingkat Sekolah Dasar, kelas 3 untuk SMP dan SMA. Guru-guru beserta staff yang bekerja di sekolah tersebut akan ikut memeriahkan acara perpisahan sekolah. Setelah menempuh pendidikan & lulus ujian, sangat wajar apabila pihak penyelenggara ingin membuat perayaan itu berkesan. Salah satunya dengan memperhatikan susunan teks pembawa acara perpisahan sekolah yang menarik.

 

Struktur & Isi Teks Pembawa Acara Perpisahan Sekolah

Urutan acara khusus perpisahan biasanya diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan sambutan dari beberapa pihak perwakilan untuk menyampaikan pesan-pesan kepada murid setelah tamat sekolah. Penggunaan bahasa untuk teks MC umumnya menggunakan Bahasa Indonesia tetapi beberapa acara perpisahan serupa juga banyak yang menyisipkan bahasa daerah masing-masing. Bagaimana susunan acara yang baik untuk teks pembawa acara perpisahan sekolah?

 

  1. Kalimat pembuka & sambutan acara

Seorang pembawa acara yang sudah ditunjuk oleh panitia akan membuka dengan salam dan do’a yang disesuaikan dengan kepercayaan masing-masing karena Indonesia mengakui beberapa agama. Kalimat pembuka ini cukup singkat sehingga akan langsung lanjut ke susunan acara kedua yaitu sambutan. Isi dari sesi sambutan yang diberikan panitia berupa ucapan selamat atas kelulusan, selamat menikmati acara, dan permintaan maaf jika ada hal-hal yang masih kurang dalam penyelenggaraan. Pihak lainnya yang diberikan kesempatan menyampaikan satu dua patah kata yaitu perwakilan kelas yang akan meninggalkan sekolah, adik kelas, wali murid, ketua OSIS, dan bapak kepala sekolah. Tugas panitia adalah memberikan batasan waktu pada masing-masing perwakilan agar acara selesai tepat waktu.

 

  1. Melepas atribut sekolah secara simbolik

Beberapa teks pembawa acara perpisahan sekolah menambahkan susunan pelepasan atribut sekolah yang dimaksudkan sebagai simbol bahwa mereka telah menyelesaikan pendidikan pada jenjang tersebut. Karena waktu yang sangat terbatas, panitia akan meminta perwakilan dari anggota murid yang wisuda yaitu 1 siswa & 1 siswi  untuk dilepas atribut sekolahnya oleh kepsek.

 

  1. Momen penyerahan kenang-kenangan kepada guru

Guru adalah pembimbing yang setia menemani murid-muridnya selama tiga tahun mengenyam pendidikan di pendidikan formal tersebut. Jika acara perpisahan diselenggarakan oleh sekolah dasar, maka terhitung enam tahun sudah bapak/ibu pengajar memberikan ilmu. Oleh karena itu, urutan acara selanjutnya adalah memberikan hadiah kepada para pengampu sebagai ungkapan terima kasih atas pengajaran yang sudah diberikan. Meskipun pada kenyataannya jasa guru tetap tidak bisa dibayar dengan apapun juga. Biasanya pihak sekolah juga akan memberikan reward kepada murid berprestasi dalam poin ini.

 

  1. Hiburan menarik

Waktu istirahat umumnya akan diisi dengan beberapa hiburan. Panitia pensi bisa memberikan kesempatan kepada siswa siswi yang bertalenta untuk mengisi pertunjukan. Misalnya seperti memainkan beberapa lagu sesuai tema acara, menari, atau membaca puisi. Rangkaian hiburan dalam teks pembawa acara perpisahan sekolah biasanya diletakkan sebelum do’a dan penutupan.

 

Penutup acara perpisahan sudah bisa dipastikan adalah pembacaan do’a oleh bapak/ibu pengampu pelajaran agama. Kemudian MC akan mengakhiri acara dengan ucapan terima kasih dan kata-kata tambahan lainnya tergantung kebijakan panitia. Keempat poin yang sudah ada di atas bisa dibuat lebih resmi atau santai dalam teks pembawa acara perpisahan sekolah. Intinya acara bisa lebih menarik & berkesan untuk semua yang hadir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *