Planet Anggota Tata Surya dan Ciri-cirinya

Diposting pada

Planet Anggota Tata Surya dan Ciri-cirinya – Salam! Kali ini Kumpulan Contoh Teks akan membahas materi mengenai planet anggota tata surya dan ciri-cirinya. Sebelum mempelajari mengenai planet anggota tata surya, sebaiknya kita memahami pengertian planet. Berdasarkan Sidang umum Perhimpunan Astronomi Internasional (International Astronomical Union) yang diselenggarakan di Kota Praha, Ceko tanggal 24 Agustus 2006, planet merupakan benda langit yang mengitari matahari, yang berbentuk bulat dan merupakan satu-satunya objek dominan di orbitnya. Berikut adalah penjelasan mengenai planet anggota tata surya dan ciri-cirinya :

Planet Anggota Tata Surya

            Planet Anggota Tata Surya 1 (Merkurius)

Planet anggota tata surya yang pertama yaitu merkurius. Merkurius adalah planet yang letaknya paling dekat dengan matahari. Jarak antara Planet Merkurius dengan matahari yaitu sekitar 58 juta km. Masa revolusi planet terdekat dengan matahari ini yaitu 88 hari dan masa rotasinya 59 hari. Karena letaknya yang sangat dekat dengan matahari, maka permukaan planet Merkurius ketika disinari matahari dapat mencapai suhu 400°C. Sementara itu, suhu permukaan planet Merkurius yang tidak terkena sinar matahari temperaturnya mencapai -200°C. Apabila dilihat dari bumi, planet ini terlihat seperti bulan. Hal tersebut dikarenakan planet Merkurius letaknya di bagian dalam dari orbit bumi atau lintasan bumi. Permukaan planet Merkurius penuh dengan kawah dan cekungan.

            Planet Anggota Tata Surya 2 (Venus)

Planet Venus sering dijuluki dengan sebutan bintang timur atau bintang senja. Hal itu bukan tanpa alasan, karena planet ini sering terlihat dari bumi pada saat menjelang matahari terbit atau sekitar pukul 04.00 dan menjelang matahari terbenam yaitu sekitar pukul 17.00. Planet Venus ini memiliki suhu rata-rata 477°C. Topografi yang dimiliki planet ini berupa jajaran pegunungan dengan formasi muda dan tua. Planet anggota tata surya terdekat kedua dengan matahari ini memiliki susunan atmosfer yang terdiri dari karbon dioksida (CO2), sebagian kecil nitrogen dan uap air. Atmosfer pada planet ini memiliki sifat rumah kaca dimana panas yang diterima planet ini tidak dapat membias keluar dari atmosfer yang menyelubungi planet Venus. Dengan keadaan atmosfer yang banyak mengandung karbon dioksida dan suhu rata-rata yang tinggi, planet ini sangat kecil kemungkinannya untuk dapat ditinggali manusia.

            Planet Anggota Tata Surya 3 (Bumi)

            Bumi merupakan planet anggota tata surya ketiga terdekat dari matahari, dimana bumi adalah satu-satunya planet yang dapat ditinggali oleh manusia. Mengapa demikian? Karena bumi adalah satu-satunya planet yang dapat menyediakan berbagai hal yang diperlukan manusia, seperti air, suhu yang stabil, sinar matahari yang cukup, udara, dan berbagai hal lainnya. Bumi memiliki topografi yang sangat bervariasi, terdapat pegunungan, dataran, cekungan, dan lain sebagainya. Masa revolusi bumi 365,25 hari dan masa rotasinya 24 jam. Satelit alami bumi yaitu bulan.

            Planet Anggota Tata Surya 4 (Mars)

            Mars dijuluki sebagai bintang merah karena warnanya yang kemerahan. ini memiliki atmosfer yang sangat tipis. Jarak antara planet ini dengan matahari yaitu sekitar 226 juta km, dimana masa revolusinya 887 hari dan masa rotasinya 24 jam, 37 menit, 23 detik. Satelit alami planet Mars yaitu Deimos dan Phobos. Deimos adalah satelit yang terbit dan terbenam seperti bulan, sedangkan Phobos merupakan satelit yang terbit di bagian barat dan tenggelam dib again timur. Suhu rata-rata Mars cenderung lebih dingin karena atmosfer planet yang sangat tipis. Mars mempunyai jurang, gunung berapi, dan kawah yang luas.

            Planet Anggota Tata Surya 5 (Jupiter)

            Jupiter adalah planet anggota tata surya yang terbesar. Jarak planet Jupiter ke matahari yaitu 778 km dimana planet ini membutuhkan lama revolusi selama 12 tahun. Planet terbesar di tata surya ini memiliki lama rotasi 10 hari. Berdasarkan pengamatan dan penelitian para ahli, Jupiter diketahui memiliki lebih dari 30 satelit alami, diantaranya yaitu Ganymede, Io, Europa, Amathea, Callisto, Leda, Himalia, Anare, Elara, Carme, Lysithea, dan Pashipae. Satelit planet Jupiter yang terbesar yaitu Ganymede yang memiliki diameter 130.000 km.

            Planet Anggota Tata Surya 6 (Saturnus)

Saturnus adalah planet kedua terbesar dalam sistem tata surya dimana planet ini merupakan salah satu planet yang memiliki cincin. Cincin tersebut terdiri dari gumpalan es dengan tiga lapisan. Lapisan-lapisan es tersebut membuat planet Saturnus sangat indah. Planet Saturnus ini memiliki masa revolusi selama 30 tahun dan masa rotasi selama 10,02 jam. Jarak antara matahari dengan planet ini sekitar 1426 juta km. Satelit yang dimiliki planet Saturnus berjumlah lebih dari 20, diantaranya yaitu Titan dan Enceladus.

            Planet Anggota Tata Surya 7 (Uranus)

            Uranus adalah planet anggota tata surya yang ditemukan oleh William Harschel. Planet ini memiliki masa revolusi selama 84 tahun dan masa rotasi selama 10 jam, 45 menit. Jarak antara matahari dengan planet Uranus yaitu 2869 juta km. Hingga saat ini, diketahui planet Uranus mempunyai lebih dari 20 satelit, diantaranya Areal, Oberon, Titania, Umbreal, dan Miranda.

            Planet Anggota Tata Surya 8 (Neptunus)

Neptunus adala planet anggota tata surya yang letaknya paling jauh dari matahari, ditemukan oleh John C. Adam. Masa rotasi planet ini selama 15 jam dan masa revolusinya selama 165 tahun. Jarak antara planet ini dengan matahari yaitu 4493 juta km. Planet Neptunus ini memiliki dua satelit, yaitu Triton dan Nereid. Triton adalah satelit terbesar dengan diameter 14.000 km, sedangkan Nereid memiliki diameter 2000 km. Neptunus sering dijuluki sebagai kembaran Uranus.

 

Cukup sekian artikel mengenai planet anggota tata surya dan ciri-cirinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, Selamat belajar dan sukses selalu!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *